|PENGANTAR BISNIS 1|
PENDAHULUAN
Banyak kegiatan
yang dilakukan masyarakat atau seseorang yang berkaitan dengan bisnis yaitu
menjual barang, membeli barang dan menawarkan jasa kepada para pelanggan.
Bisnis adalah
sebuah organisasi dengan tujuan menjual barang dan jasa kepada pembeli atau
usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Jadi kesimpulannya
bisnis merupakan jumah dari keseluruhan aktifitas yang diorganisir oleh orang
yang sedang berkecimpung di dalam bidang industri dan perniagaan yang
menyediakan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan memperbaiki kualitas hidup
B.Maksud dan tujuan bisnis
Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk lagi konsumen.
C.Pelaku
yang terlibat dalam pengolahan bisnis
Dalam perekonomian manapun, baik
primitive maupun modern, baik kapitalis, sosialis maupun komunis, dapat
dibedakan tiga kelompok pengambilan keputusan ekonomi yaitu:
1.
Rumah tangga keluarga
2.
Rumah tangga perusahaan
3.
Rumah tangga pemerintahan
D.Lingkungan
perusahaan
Secara umum lingkungan perusahaan dapat
dibedakan menjadi lingkungan eksternal (luar) dan lingkungan internal (dalam).
1. Lingkungan
eksternal
Lingkungan
eksternal perusahaan adalah factor-factor diluar dunia usaha yang mempengaruhi
kegiatan perusahaan.
*Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
• Keadaan alam
• Politik dan hankam
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.
*Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang
pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
•Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
•Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
•Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
•Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.
2. Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.
E.Etika bisnis dan etika manajerial
Etika bisnis adalah suatu cara untuk melakukan kegiatan bisnis,
yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga
masyarakat.
ETIKA MANAJERIAL Etika manajerial adalah peraturan dan
prinsip yang mendefinisikan tindakan benar salah. Ada 3 pandangan dalam etika
yaitu :
• Pandangan
• Pandangan hak
• Pandangan teori keadilan
SUMBER REFERENSI:
1.
Assauri,
Sofjan, Manajemen Produksi dan Operasi, edisi revisi, Jakarta :
Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008
2.
Pengantar
Bisnis", Penulis M. Fuad, Penerbit : Gramedia.
3.
Pengantar
Bisnis Kontemporer", Penulis Louis E. Boone dan David L. Kurtz, Penerbit :
Salemba Empat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar