Kamis, 16 Oktober 2014

|PENGANTAR BISNIS 1|



PENDAHULUAN





A.Pengertian bisnis

Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat atau seseorang yang berkaitan dengan bisnis yaitu menjual barang, membeli barang dan menawarkan jasa kepada para pelanggan.
Bisnis adalah sebuah organisasi dengan tujuan menjual barang dan jasa kepada pembeli atau usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Jadi kesimpulannya bisnis merupakan jumah dari keseluruhan aktifitas yang diorganisir oleh orang yang sedang berkecimpung di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan jasa dan barang untuk memenuhi kebutuhan memperbaiki kualitas hidup

B.Maksud dan tujuan bisnis

Setiap bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang dibutuhkan oleh konsumen, produk dapat berupa barang atau jasa.Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh oleh perusahaan dari penyediaan suatu produk lagi konsumen.

C.Pelaku yang terlibat dalam pengolahan bisnis

Dalam perekonomian manapun, baik primitive maupun modern, baik kapitalis, sosialis maupun komunis, dapat dibedakan tiga kelompok pengambilan keputusan ekonomi yaitu:
1.    Rumah tangga keluarga
2.    Rumah tangga perusahaan
3.    Rumah tangga pemerintahan

D.Lingkungan perusahaan

Secara umum lingkungan perusahaan dapat dibedakan menjadi lingkungan eksternal (luar) dan lingkungan internal (dalam).
1.    Lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan adalah factor-factor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan.

*Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
• Keadaan alam
• Politik dan hankam
• Hukum
• Perekonomian
• Pendidikan dan kebudayaan
• Sosial dan budaya
• Kependudukan
• Hubungan internasional.

*Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.

•Pemasok / supplier : yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan.
•Perantara, misalnya distribotur, pengecer yang berperan dalam pendistribusian hasil-hasil produksi ke konsumen.
•Teknologi: yang berkaitan dengan perkembangan proses kerja, peralatan metode, dll.
•Pasar, sebagai sasaran dari produk yang dihasilkan perusahaan.

2.    Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
• Tenaga kerja
• Peralatan dan mesin
• Permodalan (pemilik, investor, pengelolaan dana)
• Bahan mentah, bahan setengah jadi, pergudangan
• Sistem informasi dan administrasi sebagai acuan pengambilan keputusan.

E.Etika bisnis dan etika manajerial
Etika bisnis adalah suatu cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.
ETIKA MANAJERIAL Etika manajerial adalah peraturan dan prinsip yang mendefinisikan tindakan benar salah. Ada 3 pandangan dalam etika yaitu :
• Pandangan
• Pandangan hak
• Pandangan teori keadilan


SUMBER REFERENSI:
1.     Assauri, Sofjan, Manajemen Produksi dan Operasi, edisi revisi, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008
2.     Pengantar Bisnis", Penulis M. Fuad, Penerbit : Gramedia.

3.     Pengantar Bisnis Kontemporer", Penulis Louis E. Boone dan David L. Kurtz, Penerbit : Salemba Empat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar