PENGANTAR BISNIS 15
MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT dan EFISIEN
Distribusi adalah suatu
proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai,
sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi
tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan
pengalihan hak milik.
Dalam menciptakan ketiga faedah tersebut, terdapat dua aspek penting yang terlibat didalamnya.
Dalam menciptakan ketiga faedah tersebut, terdapat dua aspek penting yang terlibat didalamnya.
Perantara pemasaran
adalah dimana organisasi-organisasi yang menbantu memindahkan barang dan jasa
dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir
Saluran distribusi
adalah dimana saluran perantara pemasaran, seperti perantara grosir dan
perantara ritel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur
(atau saluran) dari produsen ke konsumen
Agen atau calo adalah
perantara pemasaran yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam
merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang
Perantara grosir adalah
dimana perantara pemasaran yang menjual kepada organisasi lain
utilitas dibagi menjadi
:
1. utilitas bentuk
2. utilitas waktu
3. utilitas tempat
4. utilitas kepemilikan
5. utilitas informasi
6. utilitas layanan
perantara
grosiranterbagi menjadi :
1. pedagang grosir yaitu
perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas
barang-barang yang mereka distribusikan , dimana pedagang grosir terbagi
menjadi :
a. rack jobbers
b. pedagang grosir bayar
dan bawa
2. peranatara ritel
adalah perantara pemasaran yang menjual pada konsumen akhir, dimana perantara
ritel memiliki strategi distribusi, yaitu :
a. distribusi ritel
intensif
b. distribusi ritel
selektif
c. distribusi ritel
ekslusif
Dalam peritel tanpa
toko, terdapat beberapa macam ritel, antara lain :
a. ritel elektronik
b. telemarketing
c. mesin penjaja, kios
dan kereta
d. penjual langsung
e. penjual bertingkat
Membangun kerja sama
dalam sistem saluran dibagi menjadi beberapa, yaitu sistem distribusi korporat,
sistem distribusi kontrak dan sistem distribusi yang diatur.
logistik adalh aktivitas
pemasaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus fisik
bahan-bahan, barang jadi, dan informasi terkait dari titik awal sampai titik
konsumsi untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan memperoleh laba.
logistik dibagi menjadi
beberapa macam yaitu :
a. logistik ke dalam
b. penanganan
bahan-bahan
c. logistik ke luar
d. logistik berbalik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar