Kamis, 15 Januari 2015

PENGANTAR BISNIS 15

MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT dan EFISIEN

Distribusi adalah suatu proses penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Proses distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.
Dalam menciptakan ketiga faedah tersebut, terdapat dua aspek penting yang terlibat didalamnya.

Perantara pemasaran adalah dimana organisasi-organisasi yang menbantu memindahkan barang dan jasa dari produsen ke pengguna bisnis dan pengguna akhir

Saluran distribusi adalah dimana saluran perantara pemasaran, seperti perantara grosir dan perantara ritel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur (atau saluran) dari produsen ke konsumen

Agen atau calo adalah perantara pemasaran yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam merundingkan sebuah transaksi, tetapi tidak mengambil alih kepemilikan barang

Perantara grosir adalah dimana perantara pemasaran yang menjual kepada organisasi lain
utilitas dibagi menjadi :
1. utilitas bentuk
2. utilitas waktu
3. utilitas tempat
4. utilitas kepemilikan
5. utilitas informasi
6. utilitas layanan

perantara grosiranterbagi menjadi :
1. pedagang grosir yaitu perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas barang-barang yang mereka distribusikan , dimana pedagang grosir terbagi menjadi :
a. rack jobbers
b. pedagang grosir bayar dan bawa

2. peranatara ritel adalah perantara pemasaran yang menjual pada konsumen akhir, dimana perantara ritel memiliki strategi distribusi, yaitu :
a. distribusi ritel intensif
b. distribusi ritel selektif
c. distribusi ritel ekslusif

Dalam peritel tanpa toko, terdapat beberapa macam ritel, antara lain :
a. ritel elektronik
b. telemarketing
c. mesin penjaja, kios dan kereta
d. penjual langsung
e. penjual bertingkat

Membangun kerja sama dalam sistem saluran dibagi menjadi beberapa, yaitu sistem distribusi korporat, sistem distribusi kontrak dan sistem distribusi yang diatur.
logistik adalh aktivitas pemasaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian arus fisik bahan-bahan, barang jadi, dan informasi terkait dari titik awal sampai titik konsumsi untuk memenuhi permintaan pelanggan dengan memperoleh laba.
logistik dibagi menjadi beberapa  macam yaitu :
a. logistik ke dalam
b. penanganan bahan-bahan
c. logistik ke luar
d. logistik berbalik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar