Sabtu, 08 November 2014

|PENGANTAR BISNIS 4|


PEMASARAN


A.  PENGERTIAN PEMASARAN
Dasar pemikiran pemasaran berawal dari kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau, lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaraan yang saling bertemu dan membentuk harga yang disepakati.
Pasar dikatakannya merupakan orang-orang yang mempunyai keinginan puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
B.   KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
secara menyeluruh, pemasaran dapat diartikan sebagai proses sosial dan manajerial, dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukaran produk dan nilai dengan pihak lain. Untuk itu Pemasaran dapat dipelajari lebih jauh dengan mengenal konsep-konsep inti pemasaran yang dapat digambarkan sebagai berikut :
  • Kebutuhan, adalah suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu, seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, rasa aman dan kasih sayang.
  • Keinginan, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang, seperti orang Indonesia butuh nasi sedangkan orang Amerika gandum dan hotdog (cepat saji / instan)
  • Permintaan, yaitu kebutuhan/keinginan manusia yang didukung daya beli.
  • produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik.
  • Transaksi, mengandaikan adanya nilai-nilai yang diperlukan diantara dua pihak.
  • Pasar, adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial suatu barang atau produk.
C.  MANAJEMEN PEMASARAN
Dalam dunia usaha yang semakin bersaing, tantangan yang dihadapi para produsen barang akan semakin berat dalam usahanya untuk memasukkan barangnya ke arena pertukaran. Segala usaha di bidang pemasaran (marketing) harus ditempuh sehingga penggarapan secara sungguh-sungguh agar tidak terlempar ke luar "percaturan" akibat semakin banyaknya orang yang sama dalam bidang yang telah digarap. Dalam persaingan yang semakin ketat, kegiatan peningkatan produksi tidak lagi dipandang sebagai masalah yang berat dibandingkan dengan kegiatan memasarkan barang yang dihasilkannya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keberhasilan dalam memasarkan merupakan kunci keberhasilan dari suatu perusahaan.
D.  BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Bauran Pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjuang satu sama lain. Empat kebijakann pemasaran yang sering disebut konsep 4P atau bauran pemasaran (marketing mix) tersebut :
*Produk (Product)
*Harga (Price)
*Saluran Distribusi (Place)
*Promosi (Promotion)
Untuk mencapai tujuan pemasaran, keempat unsur tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan dibidang pemasaran diharapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.


E.   TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Tujuan Pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk yang di jual akan cocok sesuai dengan keinginan pelanggan,sehingga produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang harus di fikirkan selanjutnya adalah bagaimana membuat produk tersebut tersedia. Ada empat alternatif yang menjadi tujuan sistem pemasaran, yaitu :
  • Memaksimalkan konsumsi, Kegiatan-kegiatan pemasaran yang telah dijalakan seharusnya dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi masyarakat.
  • Memaksimalkan kepuasan konsumen, pandangan lain mengatakan bahwa tujuan pemasaran adalah memaksimalkan kepuasaan konsumen, bukan memaksimalkan konsumsi.
  • Memaksimalkan pilihan, tujuan lain dari sistem pemasaran adalah memaksimalkan ragam produk dan pilihan konsumen.
  • Memaksimalkan kualitas hidup, sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatan taraf hidup melalui kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga barang serta jasa, kualitas lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.

1.     Assauri, Sofjan, Manajemen Produksi dan Operasi, edisi revisi, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2008
2.     Pengantar Bisnis", Penulis M. Fuad, Penerbit : Gramedia.
3.     Pengantar Bisnis Kontemporer", Penulis Louis E. Boone dan David L. Kurtz, Penerbit : Salemba Empat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar