|PENGANTAR BISNIS 4|
PEMASARAN
A. PENGERTIAN PEMASARAN
Dasar pemikiran pemasaran berawal dari kebutuhan dan
keinginan manusia. Pemasaran adalah tempat pertemuan antara penjual dan
pembeli, atau, lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah, area yang mengandung
kekuatan permintaan dan penawaraan yang saling bertemu dan membentuk harga yang
disepakati.
Pasar dikatakannya merupakan orang-orang yang
mempunyai keinginan puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk
membelanjakannya.
B.
KONSEP-KONSEP
INTI PEMASARAN
secara menyeluruh, pemasaran dapat diartikan sebagai
proses sosial dan manajerial, dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukaran produk
dan nilai dengan pihak lain. Untuk itu Pemasaran dapat dipelajari lebih jauh
dengan mengenal konsep-konsep inti pemasaran yang dapat digambarkan sebagai
berikut :
- Kebutuhan,
adalah suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu,
seperti makanan, pakaian, perumahan, harga diri, rasa aman dan kasih
sayang.
- Keinginan,
yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang, seperti
orang Indonesia butuh nasi sedangkan orang Amerika gandum dan hotdog
(cepat saji / instan)
- Permintaan,
yaitu kebutuhan/keinginan manusia yang didukung daya beli.
- produk
mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu,
performansi dan ciri-ciri yang terbaik.
- Transaksi,
mengandaikan adanya nilai-nilai yang diperlukan diantara dua pihak.
- Pasar,
adalah himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial suatu barang atau produk.
C. MANAJEMEN PEMASARAN
Dalam dunia usaha yang
semakin bersaing, tantangan yang dihadapi para produsen barang akan semakin
berat dalam usahanya untuk memasukkan barangnya ke arena pertukaran. Segala
usaha di bidang pemasaran (marketing) harus ditempuh sehingga penggarapan
secara sungguh-sungguh agar tidak terlempar ke luar "percaturan"
akibat semakin banyaknya orang yang sama dalam bidang yang telah digarap. Dalam
persaingan yang semakin ketat, kegiatan peningkatan produksi tidak lagi
dipandang sebagai masalah yang berat dibandingkan dengan kegiatan memasarkan
barang yang dihasilkannya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa keberhasilan
dalam memasarkan merupakan kunci keberhasilan dari suatu perusahaan.
D. BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX)
Bauran Pemasaran adalah kegiatan pemasaran yang
terpadu dan saling menunjuang satu sama lain. Empat kebijakann pemasaran yang
sering disebut konsep 4P atau bauran pemasaran (marketing mix) tersebut :
*Produk (Product)
*Harga (Price)
*Saluran Distribusi (Place)
*Promosi (Promotion)
Untuk mencapai tujuan pemasaran, keempat
unsur tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan dibidang pemasaran
diharapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.
E. TUJUAN SISTEM PEMASARAN
Tujuan Pemasaran adalah mengenal dan
memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk yang di jual akan cocok
sesuai dengan keinginan pelanggan,sehingga produk tersebut dapat terjual dengan
sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang
harus di fikirkan selanjutnya adalah bagaimana membuat produk tersebut tersedia.
Ada empat alternatif yang menjadi tujuan sistem pemasaran, yaitu :
- Memaksimalkan
konsumsi, Kegiatan-kegiatan pemasaran yang telah dijalakan seharusnya
dapat merangsang terjadinya konsumsi maksimal yang pada gilirannya akan
menciptakan produksi, kesempatan kerja, dan kemakmuran maksimal bagi
masyarakat.
- Memaksimalkan
kepuasan konsumen, pandangan lain mengatakan bahwa tujuan pemasaran adalah
memaksimalkan kepuasaan konsumen, bukan memaksimalkan konsumsi.
- Memaksimalkan
pilihan, tujuan lain dari sistem pemasaran adalah memaksimalkan ragam
produk dan pilihan konsumen.
- Memaksimalkan
kualitas hidup, sistem pemasaran dipercaya dapat meningkatan taraf hidup
melalui kualitas, kuantitas, ketersediaan dan harga barang serta jasa, kualitas
lingkungan fisik, maupun kualitas lingkungan budaya.
1. Assauri, Sofjan, Manajemen
Produksi dan Operasi, edisi revisi, Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas
Ekonomi Universitas Indonesia, 2008
2. Pengantar Bisnis", Penulis M.
Fuad, Penerbit : Gramedia.
3. Pengantar Bisnis Kontemporer",
Penulis Louis E. Boone dan David L. Kurtz, Penerbit : Salemba Empat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar